SPIDER-MAN: Across the Spider-Verse

Spider-Man: Across the Spider-Verse adalah film pahlawan super animasi Amerika tahun 2023 yang menampilkan karakter Marvel Comics Miles Morales / Spider-Man, diproduksi oleh Columbia Pictures dan didistribusikan oleh Sony Pictures Animation bekerja sama dengan Marvel Entertainment. Ini adalah sekuel dari Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018) dan film kedua dalam franchise Spider-Verse, yang berlatarkan multiverse bersama dari alam semesta alternatif yang disebut “Spider-Verse”. Film ini disutradarai oleh Joaquim Dos Santos, Kemp Powers dan Justin K. Thompson dan ditulis oleh Phil Lord dan Christopher Miller, yang keduanya juga memproduseri film tersebut bersama Dave Callaham. Film ini dibintangi oleh Shameik Moore, yang mengisi suara Miles. Pengisi suara lain dalam film ini adalah Hailee Steinfeld, Brian Tyree Henry, Lauren VĂ©lez, Jake Johnson, Jason Schwartzman, Issa Rae, Karan Soni, Shea Whigham, Greta Lee, Daniel Kaluuya, Mahershala Ali, dan Oscar Isaac. Miles bertualang dengan Gwen Stacy / Spider-Woman (Steinfeld) melintasi multiverse, di mana ia bertemu tim Spider-People yang dipimpin oleh Miguel O’Hara / Spider-Man 2099 (Isaac) yang dikenal sebagai Spider-Society, tapi berkonflik dengan mereka dalam menangani ancaman baru dalam bentuk Spot (Schwartzman).


Sony mulai mengembangkan sekuel Into the Spider-Verse sebelum dirilis pada tahun 2018, dengan tim penulis dan sutradara terpasang. Itu ditetapkan untuk fokus pada hubungan antara Miles yang diperankan Moore dan Gwen yang diperankan Steinfeld. Sekuelnya resmi diumumkan pada November 2019 dan pengerjaan animasi dimulai pada Juni 2020, dengan gaya visual berbeda untuk masing-masing dari enam alam semesta yang dikunjungi oleh karakternya.

Spider-Man: Across the Spider-Verse ditayangkan perdana di Regency Village Theatre di Los Angeles, California pada tanggal 30 Mei 2023, dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 2 Juni, setelah ditunda dari tanggal rilis aslinya di bioskop pada bulan April 2022. Seperti pendahulunya, film ini sukses secara kritis dan komersial. Film ini mencetak beberapa rekor box office, meraup lebih dari $690 juta di box office seluruh dunia, melampaui pendahulunya dan menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi ketiga tahun ini di dalam negeri di Amerika Serikat, film dengan pendapatan kotor tertinggi yang diproduksi oleh Sony Pictures Animation, dan film terlaris keenam pada tahun 2023. Institut Film Amerika menobatkan Spider-Man: Across the Spider-Verse sebagai salah satu dari sepuluh film teratas tahun 2023. Di antara berbagai penghargaannya, film tersebut memenangkan Fitur Animasi Terbaik di Film Pilihan Kritikus Awards, Annie Awards, dan Producers Guild of America Awards, dan menerima nominasi untuk kategori yang sama di Golden Globe Awards, BAFTA Awards, dan Academy Awards.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*