My Boo (Usher and Alicia Keys song)

Alicia Keys and Usher perform My Boo during 32nd Annual American Music Awards - Show at Shrine Auditorium in Los Angeles, California, United States. (Photo by Jeff Kravitz/FilmMagic)

My Boo“adalah duet antara penyanyi R&B Amerika Usher dan Alicia Keys, yang ditulis oleh para artis bersama Adonis Shropshire, Manuel Seal, dan Jermaine Dupri, yang terakhir memproduserinya dengan No I.D.—yang tidak disebutkan namanya. Itu termasuk dalam rilis ulang album studio keempat Usher, Confessions (2004). Lagu ini dirilis sebagai singel keempat album pada 29 Agustus 2004.[1]

Lagu ini mendapat ulasan positif dari para kritikus, dianggap sebagai salah satu kolaborasi R&B terbaik tahun 2000-an. Pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-47, lagu tersebut memenangkan Penampilan R&B Terbaik oleh Duo atau Grup dengan Vokal dan dinominasikan untuk Lagu R&B Terbaik.

Secara komersial single ini bertahan di puncak Billboard Hot 100 selama enam minggu, menjadi Usher ketujuh dan nomor satu kedua Keys di tangga lagu. “My Boo” menandai single ketiga paling sukses dari album setelah “Yeah!” dan “Bakar”, masing-masing. Lagu ini juga menduduki peringkat ke-36 lagu terbesar pada dekade 2000-an di Amerika Serikat dan telah disertifikasi lima kali platinum oleh RIAA.


Background
Usher dan Alicia Keys sebelumnya pernah berkolaborasi dengan remix single Keys tahun 2004 “If I Ain’t Got You”, yang dirilis di Inggris. Selama produksi album studio keempat Usher, Confessions, mereka memikirkan berbagai penyanyi wanita untuk dipasangkan dengannya dalam lagu tersebut. Versi demo langka Usher dan Kortney Kaycee Leveringston dapat ditemukan beredar di Internet. Meskipun dulu dan masih diyakini secara luas bahwa itu adalah Beyonce.[3] Namun, Jermaine Dupri, yang ikut menulis lagu tersebut termasuk lagu hits nomor satu Usher “Yeah!”, “Burn”, dan “Confessions Part II”, merasa bahwa dia telah menjalin hubungan baik dengan Keys sejak dia bekerja dengannya dan Usher. .[4]

Lagu ini ditulis dari sudut pandang Keys dan Usher, yang berperan sebagai mantan pasangan. Baginya, Usher dan Keys “berbicara tentang bagaimana mereka dulu jatuh cinta dan bagaimana perasaan itu masih melekat meski keduanya tidak terlibat lagi.” Meskipun kamu sudah move on dan bertemu orang baru, kamu selalu mengingat orang pertama itu.

Release
“My Boo” tidak disertakan dalam daftar lagu terakhir Confessions (begitu pula Red Light” atau lagu Usher yang direkam bersama P. Diddy dan The Neptunes). Sebaliknya, “My Boo” dan “Red Light” bocor ke Internet , bersama dengan lagu-lagu lain yang tidak disertakan dalam rilisan album pertama. Lagu ini disertakan dalam versi Confessions yang diperluas, bersama dengan “Red Light” dan “Sweet Lies” (yang hanya dirilis dalam album versi Inggris) .

Dupri berpikir untuk merilis “My Boo” sebagai single keempat dari Confessions setelah “Confessions Part II” meninggalkan tangga lagu. LaFace Records mengirimkan “My Boo” ke radio hit kontemporer AS pada tanggal 29 Agustus 2004,[1] dan ke radio kontemporer perkotaan AS pada tanggal 30 Agustus 2004.[8] Single ini dirilis di Amerika Serikat sebagai single 12″ pada tanggal 21 September 2004. Single ini merupakan double A-side dengan “Confessions Part II” ketika dirilis di Inggris pada tanggal 1 November 2004.

“My Boo” adalah lagu R&B bernuansa hip hop dengan melodi bertempo sedang. Ini disusun dalam kunci D minor, dalam waktu yang sama. Produksi lagu diawasi oleh Jermaine Dupri dan Manuel Seal, dengan karya tanpa kredit oleh No I.D., yang mengambil sampel lagu tahun 1977 “He’s All I’ve Got” oleh Love Unlimited sebagai sampel dalam lagu tersebut.

Liriknya dikonstruksi dalam bentuk bait-chorus-chorus. Usher memulai intro, dan Keys mengikuti intro rapnya, dengan vokal latar dari Usher. Dia melanjutkan ke bait dan chorus pertama, menyebabkan Keys menyanyikan chorus lain, mengubah beberapa lirik dari chorus asli untuk menciptakan dialog. Keys menyanyikan bait kedua dan Usher untuk bagian refrain, dengan vokal latar dari Keys. Keys mengulangi versinya untuk bagian refrain. Lagu diakhiri dengan Usher dan Keys menyanyikan “My oh, My oh, My oh, My oh, My Boo”, satu demi satu. Usher mengulangi bagian refrainnya lagi, dan mereka menyanyikan intro Keys.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*